Rutinitas Selapan Sekali

 

SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta)
Berkualitas, berkarakter, berakhlak dan berbudaya

 

Hari ini adalah hari Kamis Pahing. Seperti biasa setiap hari Kamis Paing seluruh pegawai yang ada di Yogyakarta mengenakan pakaian tradisional Jawa gagrak Yogyakarta, termasuk juga SMK Negeri 1 Yogyakarta.

 

Setiap 35 hari sekali (Selapan) dipastikan di kota Jogjakarta semua pegawainya mengenakan pakaian tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh pegawai yang ada di kota Yogyakarta ini sangat peduli akan budaya. Khusus di lingkungan sekolah para siswa ketika masuk juga mengenakan pakaian seperti ini. Hal ini kita kenalkan sedini mungkin kepada seluruh siswa agar selalu nguri-nguri budaya Jawa salah satunya berupa pakaian.

 

Pakaian dengan ciri khas yang terdiri dari jarik, baju, blangkon dan keris bagi yang laki-laki ini menunjukkan betapa orang Jawa memiliki peradaban yang sangat tinggi. Pakaian ini sudah ada ratusan tahun yang lalu dan selalu dipelihara dari generasi ke generasi.

 

Semoga dengan mengenakan pakaian ini meski setiap 35 hari sekali mengingatkan kembali kepada generasi muda bahwa kita sebagai orang Jawa bangga dengan akan tradisi yang baik. Cara inilah yang ditempuh oleh kita bersama untuk melestarikan budaya kita agar tetap terkenang sepanjang masa.

 

Salam menemu baling menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga.

Indahnya berbagi tulisan tanpa batas hidup terasa lebih bermakna.

 

Yogyakarta 12 November 2020 pukul 7.48 WIB.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *