Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, Strategi SMK Negeri 1 Yogyakarta Menghadapi MEA

SMK Negeri 1 Yogyakarta adalah sekolah vokasi berbasis Bisnis dan Manajemen yang beralamat di Jalan Kemetiran Kidul 35 Yogyakarta dan mempunyai Tempat Uji Sertifikasi (TUK)-Teknisi Akuntansi yang masuk dalam 75 TUK aktif se-Indonesia dibawah naungan Lembaga Sertifikasi-Teknisi Akuntansi (LSP-TA) dan BNSP.
Tanggal 4 dan 5 November 2016, SMK Negeri 1 Yogyakarta menyelenggarakan uji sertifikasi Akuntansi untuk Klaster Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP. Uji sertifikasi Akuntansi diikuti oleh 23 orang Guru Akuntansi se-Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, serta 20 siswa se-Kota Yogyakarta. Terobosan baru SMK Negeri 1 Yogyakarta diakhir tahun 2016 karena berhasil menyelenggarakan uji sertifikasi untuk Guru Akuntansi dan siswa dengan lingkup yang lebih luas dari sebelumnya. Uji sertifikasi tanggal 4 dan 5 November 2016 diuji oleh Asesor Kompetensi dari LSP-TA yaitu Sabarudin Muslim, S.E.,M.Si. dan Made Dana Saputra, S.E., M.Ak. dan telah memberikan rekomendasi diakhir kegiatan ujian kepada peserta uji (asesi) yang memenuhi persyaratan.
Uji sertifikasi selanjutnya akan diselenggarakan untuk seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta sebagai upaya SMK Negeri 1 Yogyakarta membekali lulusannya dengan sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi. Sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai visi “Terwujudnya insan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, berakhlak dan berbudaya”, SMK Negeri 1 Yogyakarta terus meningkatkan kualitas lulusanya salah satunya dengan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi Teknisi Akuntansi sehingga lulusan Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta benar-benar dapat dibuktikan kompetensinya karena telah diuji oleh lembaga profesi yang relevan sehingga diharapkan lulusan Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta mampu bersaing dalam pasar bebas tenaga kerja ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN/MEA).
Dengan kebijakan mutu Profesional, Religius, Optimis, Dedikatif, Unggul, Kompetitif, Terampil, Inovatif, dan Fokus, SMK Negeri 1 Yogyakarta berkomitmen untuk terus mendukung aktifnya TUK-Teknisi Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta baik untuk lulusan SMK Negeri 1 Yogyakarta pada khususnya maupun lulusan Akuntansi di Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya dalam turut mendukung Indonesia menghadapi MEA. Source; Ani Purwati,Rakhmayanti’16

img_0176img_0182img_0166img_0159

img_0167

img_0175

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *