Pemasaran

TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN

Program Keahlian Pemasaran akan membekali peserta didik berbagai keilmuan dan praktik pada ruang lingkup tentang seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat untuk  mempelajari mata pelajaran pada fase F.

Program Keahlian Pemasaran mencetak lulusan yang memiliki keahlian yang siap bekerja sesuai dengan perkembangan dunia kerja yang berfocus pada pekerjaan sebagai: kasir, pramuniaga, sales executive, merchandiser, digital marketer, public relation, wirausaha, serta jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

Adapun tujuan dari Program Keahlian Pemasaran adalah bertujuan membekali peserta didik dengan hard skills dan soft skills untuk:

  1. Terpahaminya proses bisnis  bidang  pemasaran  di  berbagai industri;
  2. Terpahaminya perkembangan teknologi  dan  isu-isu  terkini terkait dunia pemasaran
  3. Terpahaminya profil pekerjaan/profesi (job-profile) dan peluang usaha di bidang pemasaran;
  4. Terpahaminya  prosedur    kesehatan,    keselamatan    dan keamanan dalam bekerja, menangani keadaan darurat, dan mempertahankan standar penampilan pribadi;
  5. Terpahaminya ekonomi bisnis dan administrasi umum;
  6. Terpahaminya  perilaku konsumen dalam pembelian barang dan jasa dengan mengenali sinyal-sinyal calon pelanggan untuk mewujudkan kepuasan pelanggan; dan
  7. Terpahaminya pola pelayanan pelanggan berdasarkan prinsip pelayanan prima   dan   mampu   bekerja   di   dalam   tim (teamwork).

KARAKTERISTIK PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN

Program keahlian Pemasaran adalah program keahlian di SMK yang membekali siswa dengan keterampilan untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan (soft skills dan hard skills) yang berkaitan dengan marketing visual merchandising, pengelolaan bisnis retail dan dengan perencanaan bisnis dan mampu melakukan digital branding, digital onboarding, digital marketing, dan digital operation. Program ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang kompeten di lingkungan pemasaran. Program Keahlian Pemasaran terdiri dari 2 (dua) konsentrasi keahlian, yaitu Bisnis Digital dan Bisnis Retail.

Pengembangan Program Keahlian Pemasaran dilaksanakan melalui intra, kokurikuler ekstrakurikuler, organisasi kesiswaan, pendidikan akhlak mulia dan pembiasaan kegiatan sekolah. Selain itu juga dikembangkan Budaya Jawa yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh warga sekolah.

Konsentrasi Keahlian Bisnis Digital bekerjasama dengan berbagai dunia usaha dunia industri salah satunya Dsekar Printing untuk mengembangkan kelas industri dimana proses penyusunan kurikulum menggabungkan tuntutan kurikulum sekolah dengan D’sekar Printing. Potensi peserta didik lainnya pada bidang Pemasaran dibekali dengan berbagai macam keahlian diantaranya public speeking, pengembangan sikap dan kepribadian, beauty class, pelayanan kepada konsumen, dan penggunakan peralatan transaksi penjualan.

Konsentrasi Keahlian Bisnis Retail bekerjasama dengan berbagai dunia usaha dunia industri salah satunya Margaria Group untuk mengembangkan kelas industri dimana proses penyusunan kurikulum menggabungkan tuntutan kurikulum sekolah dengan Margaria Group, sampai dengan perekrutan tenaga kerja. Potensi peserta didik lainnya pada bidang pemasaran dibekali dengan berbagai macam keahlian diantaranya public speaking, pengembangan sikap dan kepribadian, beauty class, pelayanan kepada konsumen, dan penggunakan peralatan transaksi penjualan. Untuk membekali peserta didik dengan kompetensi yang lebih memadai diselenggarakan uji sertifikasi yang bekerjasama dengan LSP P1 Skema Okupasi Pramuniaga dan Skema Okupasi Trainer Kasir pada Program Keahlian Pemasaran, sehingga ketika peserta didik lulus memperoleh sertifikat LSP P1.