Program keahlian MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis) adalah program keahlian di SMK yang membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan di bidang administrasi, teknologi informasi perkantoran, kearsipan, dan layanan pelanggan. Program ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang kompeten di lingkungan perkantoran dan bisnis.
Program Keahlian MPLB terdiri dari 2 (dua) konsentrasi keahlian, yaitu
- Manajemen Perkantoran
- Manajemen Logistik.
Konsentrasi keahlian manajemen perkantoran berkontribusi untuk membentuk peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf administrasi resepsionis, asisten arsiparis, asisten sekretaris, layanan pelanggan (customer service). Operator komputer junior dibidang perkantoran, dan jabatan lainnya yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi, mampu bekerja dalam tim, mampu mengelola informasi/gagasan, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kretif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Selain itu dalam tuntutan dalam bekerja sebagai karyawan, atau pegawai konsentrasi keahlian manajemen perkantoran juga membekali peserta didik untuk berwirausaha atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Konsentrasi keahlian manajemen logistik berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki komptensi sebagai Procurement Staff, Logistic Operator, Wharehouse Checker, Staff Operasi, Operator Staff for Delivery, Administrative Staff for Delivery, Logistics Administrative, Export/Import Operation Staff, Export/Import Administrative Staff, Counter Staff, Traffic Staff dan Dispatcher. Konsentrasi keahlian manajemen logistik juga memberikan bekal bagi yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau menjadi wirausahawan (entrepreneur) dalam bidang logistik yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi secara verbal dan nonverbal, bernegosisi, mampu bekerja dalam tim, mampu mengelola informasi/gagasan, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Adapun tujuan dari Program Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis bertujuan membekali peserta didik dengan hard skills dan soft skills untuk:
- Memahami proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja;
- Memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis;
- Memahami profil pekerjaan/profesi (job-profile) dan peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis;
- Memahami teknik dasar aktivitas perkantoran dan layanan bisnis;
- Memahami dasar-dasar ekonomi dan bisnis;
- Memahami pengelolaan dokumen berbasis digital;
- Memahami penggunaan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran;
- Memahami pengelolaan sistem informasi dan komunikasi organisasi; dan
- Memahami konsep layanan bisnis dan logistik.