Oleh : Elyas
SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta)
Berkarakter, berkualitas, berbudaya, berwirausaha, berwawasan lingkungan dan kompetitif (ber5K)
Bila sapa pagi diperuntukkan buat guru dan karyawan, sedangkan yang menjadi resepsionis / piket di lobby dilakukan oleh siswa. Siswa secara bergiliran menjadi petugas resepsionis. Setiap harinya dijatah dua siswa.
Resepsionis Skaoneta bertugas melayani semua tamu yang datang ke sekolah. Mulai dari menyapa tamu, menanyakan keperluannya, membantu mencatatkan ke buku tamu, dan mengantarkan tamu ke ruang yang dituju. Itu semua dilakukan oleh siswa.
Kenapa siswa?? Karena sekolah ingin membekali siswa-siswinya di samping pandai secara akademik, dia juga pandai secara “sosial”. Begitu juga melatih siswa sehari penuh untuk menjadi petugas resepsionis.
Alhamdulillah ternyata dengan pakaian khasnya siswa bisa melaksanakan menjadi petugas resepsionis secara baik. Hal ini terbukti setiap hari dia melayani tamu-tamu yang ada begitu juga melayani teman-temannya (siswa) itu sendiri tatkala mau meninggalkan sekolah karena ada keperluan yang sangat mendesak.
Pengalaman yang seperti inilah yang akan dikenang oleh siswa sepanjang masa karena dia praktek secara langsung menghadapi aneka tamu yang datang ke sekolah. Mereka belajar secara langsung bagaimana berinteraksi dengan para tamu.
Model pembelajaran seperti inilah yang sangat dibutuhkan di era now, tidak sekedar teori tetapi praktek secara langsung. Bukankah pengalaman itu sangat berharga dan akan meresap dalam jiwa anak??
Itulah guys sedikit pelayanan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Yogyakarta terhadap para tamunya langsung di handle oleh para siswanya.
Salam Boslis
Ndobos jadi tulisan
Indahnya berbagi tulisan tanpa batas hidup terasa lebih bermakna.